Dimana Tempat Ruh Setelah Mati


Dimana Tempat Ruh Setelah Mati
Ada perbedaan pendapat mengenai penempatan Ruh manusia setelah meninggal,hingga hari kiamat nanti.Pendapat yang terkuat,tempat tinggal ruh di alam barzah,dan tempatnya berbeda-beda sesuai kualitas didunia,Ada ruh yang tinggal ditempat yang tinggi,yaitu ruhnya para Nabi,begitu pula tempat tinggal para Nabipun berbeda-beda sebagaimana yang dilihat Nabi Muhammad s.a.w saat Isra Mi’raj.Adapula ruh yang tinggal ditembolok-tembolok burung yang hijau terbang bebas kesana kemari dalam syurga,yaitu ruh para Syuhada,bukan ruh seluruh syuhada.
            Diriwayatkan oleh Abdullah Bin Mas’ud,Rasulullah Bersabda:
“Ruh para syuhada,berada didalam tembolok burung hijau,mereka memiliki kendali-kendali  yang menempel dibawah Arsy,Mereka terbang bebas kesana-kemari didalam syurga,setelah itu kembali kekendil-kendil tersebut.Lalu Allah menengok mereka dan berfirman’Apakah kalian menginginkan sesuatu..? mereka menjawab”apalagi yang kami inginkan,sedangkan kami telah bebas terbang kesana kemari dalam syurga,Allah menanyai mereka sebanyak tiga kali,Akhirnya mereka merasa diharuskan untuk meminta.
            Mereka berkata’Ya Allah,kami minta agar ruh kami dikembalikan kejasad kami,agar kami bisa kembali kedunia dan mati dijalan-MU sekali lagi..! Allah melihat mereka tidak meminta sesuatu lagi,akhirnya mereka ditinggalkan,”
            Ada ruh dari beberapa syuhada yang tertahan di pintu syurga dan tidak dapat masuk kedalam syurga karena hutang yang belum terlunasi atau sebab lain.    
Abdullah Bin Jahsy berkata,bahwa seorang datang menemui Nabi, dan berkata” Wahai Rasulullah,,apa yang kelak aku dapatkan jika aku terbunuh dijalan Allah..? Nabi menjawab..”Syurga” ketika orang itu beranjak pergi Nabi berkata”Kecuali  jika Ia Masih menanggung Hutang,baru saja Jibril memberitahukan kepadaku”.
Ada Syuhada Yang ruhnya tertahan di Pintu syurga adapula yang tertahan di dalam kuburnya.Seperti dalam Riwayat Hadits tentang pencuri sorban dari rampasan perang sebelum dibagi oleh pemimpin,setelah mencuri sorban ia terbunuh,Nabi bersabda tentangnya..”Demi zat yang jiwaku berada ditanganNya,sorban itu menjadi api yang menyala didalam kuburnya. Hadits Riwayat Bukhori Muslim.
Hadits riwayat Ibnu Abbas
“Para syuhada,mereka tinggal disungai Bariq yang terletak dekat pintu syurga,Mereka tinggal didalam kubah hijau,mereka diberi rizqi dari syurga setiap pagi dan sore.”
            Berbeda dengan Ja’far Bin Abi Thalib,kedua tangannya yang putus digantikan Oleh Allah dengan dua sayap,Ja’far terbang kessana kemari disyurga dengan kedua sayap itu, Ibnu Abbas meriwayatkan,,Nabi bersabda “Tadi malam aku masuk kedalam syurga Aku melihat Ja’far sedang terbang bersama Malaikat,juga melihat Hamzah sedang bersandar ditempat tidurnya.”
            Adapula ruh yang tertahan dibumi dan tidak bisa naik untuk tinggal bersama penghuni langit.Mereka ialah ruh yang jelek,yaitu ruh yang tinggal di periuk tempat mengazab para pezina,selain itu ada ruh yang tinggal di sungai darah dan dilempari batu.
Adapula ruh yang tinggal di dalam kubur,seperti tercantum dari riwayat sahabat Ibnu Abbas Rasululloh .s.a.w melewati dua kubur dan bersabda “Mereaka berdua sedang disiksa ,Mereka disiksa bukan karena persoalan besar “Lalu menambahkan” Tetapi perbuatan itu besar,yang satu tidak bersuci setelah kencing dan yang satu lagi sering menggunjing dan mengadu domba.” HR Bukhori Muslim

            Kesimpulan: Tempat Ruh,baik yang mendapat Nikmat ataupun yang disiksa berbeda-beda,Ada ruh yang tinggal di syurga yang tinggi serta adapula yang tinggal di tingkatan bawah dan tetap berada di bumi.
Powered by Blogger.