Dimanakah Ruh Orang Kafir Setelah Meninggal

Ruh Orang Muslim dan Kafir ketika dicabut

Al Bara Bin Azib,Berkata”kami pernah mengiringi jenazah orang Anshar Bersama Rasululloh.s.a.w dan kami sampai ke pekuburan dan liang lahat belum digali,kemudian Rasul duduk menghadap kiblat dan kamipun duduk disekitarnya,seakan-akan ada burung hinggap dikepala kami (karena saking tenangnya) Rasululloh s.a.w membawa tongkat ditanganya,Beliau memukul-mukulkan tongakt tersebut ketanah,lalu melihat kearah langit lalu melihat lagi ketanah,menaikan pandanganya dan menurunkanya tiga kali,lalu bersabda
”Berlindunglah kalian kepada Allah SWT dari azab kubur”
Beliau mengucapkan itu dua atau tiga kali,lalu bersabda” Ya Allah Aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur sebanyak tiga kali.Beliau melanjutkan. ”
Jika seorang hamba yang berIman menghadapi saat-saat akhirnya didunia ,Malaikat yang putih wajahnya turun dari langit,wajah mereka putih bagaikan sinar Matahari.Mereka membawa kain kafan dan minyak wangi dari syurga,mereka duduk ditempat sejauh pandangan matanya,lalu Malaikat mau datang dan duduk dikepalanya,kemudian mengatakan  “Wahai jiwa yang baik, dalam riwayat lain dikatakan ”Jiwa yang tenang,,Keluarlah,keluarlah menuju ampunan dan Ridha Allah,Rasululloh melanjutkan ”lalu jiwanya keluar bagaikan air mengalir dari botol,dan diambil oleh Malaikat maut.
          Dalam Riwayat lain dikatakan”Setelah ruhnya keluar,malaikat yang ada diantara langit dan bumi menshalatkan untuknya,dan dibukakan untuknya pintu-pintu langit.Setiap penjaga pintu berdo’a agar ruh itu dinaikan dari pintu mereka,setelah ruh diambil oleh Malaikat maut,malaikat lain tidak membiarkan ruh itu dipegang oleh Malaikat maut,Malaikat lain mengambilnya dan meletakanya dikain kafan yang diulasi oleh minyak wangi.inilah yang dimaksud dalam Firman Allah:..

”Sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang diantara kamu,ia diwafatkan oleh Malaikat Kami,dan malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibanya.   
”(SQ.Al An’am :ayat61)

Bau wangi itu seperti minyak kasturi paling wangi yang ada dimuka bumi.nabi melanjutkan,Lalu malaikat membawa ruh itu naik kelangit,setiap kali melewati malaikat,mereka bertanya”Wangi apa ini,” dijawab Ini adalah Fulan Bin Fulan disebutkan namanya yang terbaik ketika didunia,sesampainya mereka diujung langit dunia,mereka meminta izin kepada penjaga langit ,dan merekapun di izinkan masuk,Malaikat yang dekat dengan Allah ikut mengiringi rombongan mereka kelangit sampai kelangit yang ketujuh.lalu Allah berfirman”Tuliskan catatan amal hamba-Ku ini di”Illiyyin_tempat yang tinggi seperti dalam Surat Al Muthaffifin ayat 18-21.

“Sekali-kali tidak,sesungguhnya  kitab orang-orang yang berbakti itu (tersimpan)dalam’Illiyyin. Tahukah kamu apakah’Illiyyin itu,( Yaitu) kitab yang tertulis,yang disaksikan oleh malaikat-malaikat yang didekatkan (kepada Allah)”

Lalu catatan amalnya dituiskan di ‘Illiyyin,.Allahpun berfirman” Kembalikan ia kebumi,Aku telah berjanji bahwa Aku menciptakan dirinya dari bumi dan kepada bumi Aku akan mengembalikanya,Aku juga akan membangkitkanya sekali lagi.”
Nabi Melanjutkan.Lalu ruh dikembalikan lagi kebumi dan dikembalikan lagi ke jazadnya.’ Rasululloh bersabda’ Ia mendengar suara sendal para pengiring yang mengiringi jenazahnya saat mereka melangkah pulang,lalu datanglah dua malaikat yang membentak keras,lalu keduanya mendudukanya lantas bertanya’Siapa Rabb-mu..? Ia menjawab,’Rabb-ku ialah Allah subhanahu wata’ala..Lalu mereka berdua menanyakan,’Apa agamamu..? Siapa Nabimu..? Apa Kitabmu ..? dan siapa saudaramu..ini adalah ujian terahir yang dilalui orang-orang yang  beriman.
          Nabi melanjutkan,’sedangkan seorang hamba yang kafir,dalam sebuah riwayat:pendosa-jika ia menghadapi saat-saat ahirnya di dunia dan menghadapi akhirat..maka sebaliknya…”sampai ruhnya di kembalikan kejasadnya dan datangnya dua malaikat untuk menanyakan bertanya’Siapa Rabb-mu..? ’Apa agamamu..? Siapa Nabimu..? Apa Kitabmu ..? dan siapa saudaramu. Dan diapun tidak bisa menjawabnya sampai dilaksanakanya siksaan-siksaan kubur  sampai datangnya hari kiamat.
www.binhsangroup.com


Powered by Blogger.