Pertemuan Ruh orang yang hidup dengan yang sudah meninggal


Bisakah Ruh Manusia yang Hidup Bertemu dengan Ruh Orang yang Telah Meninggal Dunia

Ya,Ruh manusia yang sedang tidur bisa bertemu dengan ruh manusia yang telah meninggal dunia.Sebagaimana Firman Allah:
“Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang)jiwa (orang)yang belum mati di waktu tidurnya;maka Dia tahanlah jiwa (orang)yang Dia tetapkan kematianya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan,Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir,”(Q.S.Az Zumar;42)
Ibnu Katsir mengatakan ,”Ayat ini menjadi dalil bahwa ruh manusia berkumpul dilangit.”Sebagian salaf berpendapat bahwa Allah mengambil ruh manusia yang mati dan manusia yang tidur,lalu ruh-ruh itu saling berkenalan seperti  di kehendaki Allah.Allah menahan ruh orang yang mati dan melepaskan ruh orang yang hidup untuk kembali ke jasadnya.
          Ibnu Abbas berkata, Ruh orang mati dan ruh milik orang yang masih hidup bertemu saat manusia tidur dan berkenalan seperti dikehendaki Allah.
          Abu Ayyub Al Anshari berkata,”Jika nyawa seorang beriman diambil,maka nyawa tersebut akan disambut oleh hamba-hamba Allah yang di rakhmati,seperti menyambut pembawa berita gembira ketika didunia.Lalu mereka mendatangi dan bertanya kepadanya,kemudian sebagianya berkata kepada sebagian yang lain,’Tunggulah sampai ia beristirahat.! Karena barusan ia menghadapi kesedihan yang sangat besar,”Nabi bersabda, lalu mereka mendatanginya dan bertanya kepada Fulan tentang keadaanya  Fulan.
Al –Qurthubi berkata,”Sebagian orang memaknai hadits Nabi yang diriwayatan oleh Bukhori-Muslim
“Ruh-ruh ialah seperti tentara yang diatur,Ruh akan akrab dengan ruh yang sejenis dan yang tidak sejenis  tidak akan bisa akrab.”
Pertemuan itu terjadi ketika ryh orang hidup yang tidur bertemu dengan ruh  orang yang sudah meninggal dunia.dan ada lagi yang memaknai selain ini.’
Powered by Blogger.